Senin, 18 Desember 2023

English School Program MI Al-Falah with tutor from UIMSYA Blokagung

Dilaksanakannya English School Program selama lebih dari satu bulan di mulai pada tanggal 06 November – 13 Desember 2023 di MI Al-Falah Sambimulyo Bangorejo Banyuwangi. Kegiatan tersebut mengundang tutor dari Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris Universitas KH. Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi.

Program English School sudah menjadi program tahunan di Sekolah tersebut sejak tahun 2017 namun sempat berhenti semenjak di tahun 2019 dikarenakan covid-19, program tersebut baru terealisasi di tahun ini 2023 dengan tutor-tutor yang sangat hebat dan melaksanakan tugasnya dengan sabar dan ikhlas ketika mendidik anak-anak MI Al-Falah. Yaitu Tutor 1; Mrs Ana Anissatun Nadhiroh, S.Pd dan tutor 2; Mr. Yusuf Mahmud Amari.

Peserta didik yang mengikuti kegiatan tersebut mulai kelas 1-6 dengan di bagi waktu, untuk kelas 1-3 melaksanakan kegiatan setelah KBM sekolah yaitu pada jam 10:00 – 11:00 wib. Berbeda dengan kelas 4,5 dan 6. Dengan total 37 siswa/i, mereka semua tidur atau di pondok kan di sekolah/yayasan Riyadussalam mulai 06 November – 07 Desember 2023. Untuk siswa tidur di ruang kelas dan putri tidur di asrama.

Kegiatan harian English School Program dimulai habis jama’ah sholat Subuh, dengan masing-masing tutor kelasnya Mr. Yusuf dan Mrs. Ana. Pembagian kelas secara acak dari kelas 4-6. Di waktu subuh materi fokus pada Vocabulary dan common Expression, terkadang siswa/i di ajak untuk ke lapangan mengikuti pembelajaran dengan games.

Kegiatan yang selanjutnya yaitu di siang hari pada jam 13:00 – 14:00 wib. Pengajaran hanya diisi 1 tutor; Mr. Yusuf. Pembelajaran berfokus pada Introduction, daily activity dan describing. Pada pembelajaran ini kelas di bagi menjadi 2 dengan level tertentu, ada level beginner dan intermediate agar pembelajaran kelas lebih mudah. Dan juga ditambahkan materi-materi conversation / cara bercakap-cakap dan komunikasi dengan tourist.

Kegiatan English School selanjutnya pada malam hari dengan tutor masing-masing. Pembelajaran pada malam hari siswa/i lebih ditekankan untuk mempelajari skills menjadi Master of Ceremony, Speech, Story Telling. Pembelajaran dengan membagikan materi yang sudah dibuat oleh tutor dan siswa/i diajarkan cara membaca bahasa inggris dengan baik dan benar. Tidak hanya itu untuk mempelajari keahlian-keahlian tersebut siswa juga diajarkan mempraktikkan dengan gaya/body language. Bisa membaca, paham dan praktik.

Setelah 3 minggu kegiatan siswa/i diajak ke Pulau merah untuk melaksanakan praktik komunikasi langsung dengan turis, berangkat ke Pulau merah dengan rombongan menggunakan 2 pickup, siswa sendiri dan siswi sendiri. Didampingi oleh para guru-guru dan tutor. Kegiatan diawali dengan belajar di tepi pantai sembari menunggu turis datang. Setelah menunggu lama akhirnya siswa/i bisa bercakap dengan 2 turis; Mr. Omar, dan temannya Mr. Nexime, mereka semua berasal dari Francis. Bahasa Inggris mereka sangat lancar dan sangat welcome dengan siswa/i MI Al-Falah. Anak-anak dapat berinteraksi dengan baik dan menanyakan beberapa pertanyaan seputar personal information. Mengenal satu sama lain dan bertukar informasi tentang pengalaman selama liburan di Pulau Merah.

Dihujung pembelajaran siswa/i melaksanakan pelatihan dan persiapan penampilan untuk kegiatan “Farewell Party English School Program MI Al-Falah” dengan waktu persiapan yang sesingkat-singkatnya alhamdulillah siswa/i siap dan dapat melaksanakan tugasnya masing-masing untuk penampilan di Farewell party. Penampilan di antara lain; Master of Ceremony, Story Telling The legend of Prambanan, Story Telling The rabbit and crocodile, Speech “Motivation in Learning”, and sing a song “Something just like this” by The chainsmokers ft Coldplay dan lagu sampai jumpa lagi. Dengan hasil yang sangat memuaskan, penampilan dari siswa/i sangat berkesan dan tak akan terlupakan bagi siswa/i, guru dan juga tutor sangat bangga. Terharu akan perpisahan menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut sangat sukses dan berhasil dari awal membimbing sampai perpisahan. Semoga hasil bisa dirasakan terus oleh siswa/i MI Al-Falah.



0 Post a Comment:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Reg. Seminar Proposal

Reg. Ujian Skripsi

Recent Posts

Tautan

Total Tayangan Halaman

Copyright © Prodi Tadris Bahasa Inggris | IAI Darussalam Blokagung | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com