Kamis, 06 April 2023

TBIG Mengaji; Sukses Khatamkan Kitab Adabul Ta'lim Wal Muta'alim

 


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Oleh sebab itu rugi bagi mereka yang menyia-nyiakan bulan ini tidak dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Tentu, karena semua amalan atau kegiatan baik yang kita lakukan akan diganjar berkali-kali lipat dan otomatis menjadi tabungan rekening pahala kita esok di hari kiamat.  Nabi bersabda " كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ yang artinya " Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat (HR. Abu Hurairah).

            Alhamdulillah pada hari Kamis, 6 April 2023 TBIG Mengaji sudah khataman. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 minggu dari tanggal 27/03/2023 hingga 6/04/2023, setiap senin sampai kamis pukul 07.00-08.00 yang bertempat di UPT Bina Qur'ani. Adapun kitab yang di pelajari adalah  Adabul Alim wal Muta'allim dengan Qori' Ust. Moh. Mamud, M.Pd yang mana pesertanya adalah seluruh mahasiswa desa mulai dari angkatan 2019 hingga angkatan 2022.

           


Kegiatan ini berlatarbelakang karena kampus kita punya brand "perguruan tinggi berbasis pesantren", sekitar 90℅ adalah santri mukim di pesantren darussalam, dan sisanya nglaju dari rumah/pesantren masing masing. Ngaji ini difokuskan pada mhs yg nglaju dari rumah masing2 atau mahasiswa desa untuk memberikan wawasan keilmuan pesantren, yg mana kitab yg dikaji adalah Kitab Adabul Alim wal Mutaalim (Adab/etika nya Alim/guru/dosen dan santri/siswa/mahasiswa) agar dalam menuntut ilmu/belajar diberikan keberhasilan dan kesuksesan, mendapatkan ilmu yang manfaat dan berkah dan mampu mengamalkan ilmu yang didapat tersebut.
             Ninis sebagai salah satu peserta pengajian menambahkan "Kegiatan pengajian ini adalah kegiatan yg seharusnya menjadi kegiatan wajib bagi mahasiswa, khusus nya mahasiswa desa yg pada dasarnya tidak mendapatkan ilmu tersebut di lingkungan rumah. Dengan mengaji kitab adabul Muta'alim, membuat aku mendapatkan ilmu baru tentang adab khusus dalam belajar, terlebih lagi mendapatkan tips² untuk menjadi sukses dalam belajar menurut para ahli kitab. Ini bakalan sangat bermanfaat bagi aku yg sekarang berstatus sebagai mahasiswa. Untuk kedepannya, pengajian ini  harus dilanjutkan walaupun tidak setiap hari. Sedikit demi sedikit yg penting istiqomah".  

           Semoga kegiatan ini bisa tetap istiqomah dan dapat membawa barokah terhadap prodi dan kampus kita. Aamiin.



Penulis : Rizky Imam Saputra

Prodi: TBIG 21

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Reg. Seminar Proposal

Reg. Ujian Skripsi

Recent Posts

Tautan

Total Tayangan Halaman

Copyright © Prodi Tadris Bahasa Inggris | IAI Darussalam Blokagung | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com